Lalu bagaimanak…

Lalu bagaimanakah kamu akan dapat menjaga dirimu jika kamu tetap kafir kepada hari yang mnjadikan anak-anak beruban (Al Muzammil: 17)

Saat membaca ayat ini rasa penasaran muncul. Apa hubungannya antara ayat sebelumnya yang menuliskan keadaan di neraka dengan anak beruban. Akhirnya googling untuk menemukan ‘uban pada anak balita’. Ketemu banyak dan berbahasa Indonesia. Dari tulisan itu yang bagus adalah tulisan Eni Kartikawati[1]. Uban terjadi karena masalah (1) Genetik, (2) ras, (3) penyakit, dan (4) kurang vitamin B12. Ini juga didukung oleh beberapa tulisan lain seperti di tabloid Nova[2], web Anakku[3], jawaban dr. Rifan Fauzie di Kompas[4], Jennifer Shu dari Atlanta[5], dan Nutriclub[6]. Mungkin masih ada yang lain, tetapi dugaan kami jawabannya akan senada. Ada yang lupa. Tulisan di Bali Pos agak berbeda dengan yang lain[7]

Ayat-ayat allah ada tentu ada maksud yang terkandung di dalamnya. Dan itu disebutkan pada ayat ke 19. Sungguh ini adalah peringatan. Barang siapa menghendaki, niscaya dia mengambil jalan kepada Tuhannya. Artinya (kalau boleh kami interpretasi), dengan adanya tanda-tanda itu maka kita hendaknya bersegera untuk menuju kepada serah diri pada Allah. Tidak perlu mencari-cari tuhan yang lain. Pasrah bongkokan saja.

Kembali pada uban tadi, dengan menggunakan root caused analysis mari kita coba telusuri apa rahasia yang ada pada ayat tersebut. Kami juga belum yakin akan menemukan apa, karena kami juga bukan ahli fisiologi manusia, bukan juga dokter. Siapa tahu ada dokter maupun ahli lain yang baca tulisan ini dapat bersumbang saran.

Faktor genetic. Jika factor genetic yang menjadi penyebab, maka berarti sesungguhnya pada para orang tua sudah ada bibit untuk tumbuh uban saat usia dini. Apakah ini juga berarti orang tuanya dan leluhurnya juga beruban saat usia dini? Atau orangtuanya hanya pembawa sifat uban usia dini dan ternyata fenomena uban usia dini baru muncul akhir-akhir ini. Jika yang kedua ini masalahnya, pertanyaan yang muncul adalah mengapa baru sekarang fenomena ini muncul. Kami ingin mencoret sebab yang pertama. Kalau sekedar karena leluhurnya juga beruban maka anak cucunya akan beruban juga, maka penelusuran fenomena ini menjadi kurang menggairahkan. Langsung berhenti begitu saja. Maka tersisa pertanyaan kedua ‘mengapa genetic uban usia dini baru muncul sekarang?’.

Ras. Disebutkan bahwa pada berapa ras terutama pada kaukasia, uban memang muncul pada anak-anak.

——-sudah agak pagi, matahari mau muncul. Tulisan belum jadi, kapan bias lanjuti ini

 

[1] http://wolipop.detik.com/read/2011/07/21/105623/1685870/857/rambut-balita-anda-tumbuh-uban-ini-sebabnya

[2] http://www.tabloidnova.com/Nova/Kesehatan/Anak/Kok-Kecil-Kecil-Ubanan-Sih/

[3] http://www.anakku.net/uban-muncul-terlalu-dini-kurang-vitamin-b12.html

[4] http://health.kompas.com/read/2013/08/29/1601523/Apa.Penyebab.Rambut.Beruban.pada.Balita

[5] http://health.liputan6.com/read/344319/uban-juga-bisa-ditemui-pada-anak-anak

[6] http://www.nutriclub.co.id/forums_and_friends/forums/expert_corner/medical_consultation/thread/Forum_4319

[7]http://www.balipost.co.id/mediadetail.php?module=detailberitaminggu&kid=24&id=48574