Penggunaan LKS noneksperimen pada jam pelajaran terakhir

Oleh : Ginem Novitasari

Bu vita adalah seorang guru biologi di salah satu smp swasta sekolah tersebut tidak mempunyai sarana pendukung yang lengkap yaitu tidak mempunyai laboratorium, tidak mempunyai alat peraga dan jumlah buku paket yang sedikit. Ketika ia mengajar kelas XIII dengan jumlah siswa tiga puluh orang pada jam pelajaran terakhir, ia merasa siswa  kurang fokus pada mata pelajaran yang ia ajarkan di depan kelas. Siswa banyak  yang ogah-ogahan untuk belajar, wajah mereka tampak lesu dan ngantuk sehingga suasana kelas lebih pasif. Tidak sama ketika ia mengajar pada jam pelajaran pertama atau kedua siswa sangat antusias dengan materi yang ibu vita ajarkan, siswa banyak yang bertanya dan memberi tanggapan singga suasana kelas aktif dan menarik. Melihat keadaan seperti ini bu vita jadi sedih dan termotivasi untuk menciptakan hal baru dalam proses belajar mengajar di kelas. Apa yang terjadi pada siswanya  mungkin karena hari sudah siang jadi siswa sudah lapar, ngantuk, lemas, lesu, pengen pulang dan lain-lain. Bu vita lalu berpikir bagaimana cara atau metode apa yang bisa ia lakukan untuk meningkatkan motivasi siswa untuk mau belajar dan terfokus pada pelajaran yang di ajarkan, supaya suasana kelas dapat aktif dan menarik.

Pada minggu berikutnya bu vita datang  ke kelas untuk mengajar di kelas yang sama dan pada jam yang sama yaitu pada jam pelajaran terakhir. Kali ini bu vita datang dengan membawa sesuatu yang telah disiapkan dari rumah. Bu vita datang ke kelas dengan membawa kertas warna-warni, berbagai macam permen, dan beberapa bolpoint dengan warna yang berbeda di dalam kantung plastik yang bening. Ketika bu vita masuk siswa memperhatikan dengan rasa penasaran dan rasa ingin tahu. Suasana kelas menjadi hening dan semua mata siswa tertuju pada bu vita dan kantung plastik yang di bawanya. Begitu bu vita duduk lalu ia mengeluarkan beberapa macam permen di atas meja, siswa pun bertanya-tanya apa yang akan dilakukan oleh bu vita. Setelah siswa berdoa dan pelajaran siap di mulai, bu vita menyuruh siswa mengambil permen yang tersedia di meja guru sesuai keingin siswa dan setiap siswa hanya diperbolehkan mengambil satu permen.

Setelah semua siswa mendapatkan permen bu vita menyuruh siswa untuk duduk berkelompok berdasarkan warna permen yang siswa pilih. Setelah siswa duduk berkelompok berdasarkan warna permen yang mereka pilih, baru bu vita menjelaskan metode yang digunakan untuk proses belajar mengajar hari ini, lalu bu vita membagikan LKS noneksperimen kepada setiap siswa. Siswa bertanya mengapa LKS noneksperimen bu ? bu vita menjawab karena pada materi hari ini kita akan melakukan pengamatan melalui media buku dan kalian akan menjawab beberapa pertanyaan yang ada. Setelah semua siswa paham bu vita melanjutkan penjelasannya, silahkan kalian kerjakan pertanyaan-pertanyaan yang ada didalam LKS noneksperimen dengan kerjasama kelompok masing-masing dengan waktu tiga lima puluh menit setelah selasai semua setiap kelompok akan di wakili oleh satu siswa mempersentasikan didepan teman-teman semua. Setiap kelompok akan mendapat nilai, siapa kelompok yang memperoleh nilai tertinggi akan mendapat hadiah dari ibu. Setelah semua siswa paham dengan penjelasan apa yang harus dilakukan oleh setiap kelompok, bu vita melanjutkan dengan memberi materi pengantar untuk hari ini yaitu struktur dan fungsi jaringan tumbuhan selama 10 menit. Lalu bu vita membagikan buku paket kepada siswa setiap kelompok mendapatkan tiga buku paket.

Didalam kelas ada enam kelompok, bu vita mengambil kertas berwarna-warni yang telah di tulis dengan istilah-istilah biologi yang berhubungan dengan materi hari ini, kelompok pertama mendapat warna merah bertuliskan kata berkas pembuluh angkut, kelompok kedua warna hijau bertuliskan jaringan tiang, kelompok ketiga warna kuning bertuliskan stomata, kelompok keempat warna orange bertuliskan klorofil, kelompok kelima warna biru bertuliskan jaringan, kelompok keenam warna pink bertuliskan fotosintesis. Setiap kelompok sekarang mempunyai nama masing-masing dengan istilah biologi, setiap kelompok harus menjelaskan istilah biologi kelompok masing kepada teman kelompok yang lain. Bu vita menanyakan kepada seluruh siswa apakah paham dengan tugas yang akan mereka kerjakan dan seluruh siswa pun menjawab dengan serempak paham bu, kalu sudah paham silahkan kerjakan dengan kelompok kalian masing-masing dengan waktu empat puluh menit dari sekarang siapa yang dapat selesai mengerjakan lebih awal akan mendapat nilai tambahan.

Semua siswa mengerjakan dengan semangat dan bekerjasama dengan kelompok masing-masing. Ketika siswa sedang mengerjakan bu vita mendatangi setiap kelompok dan menanyakan kepada setiap kelompok ada kesulitan atau tidak untuk mengerjakan LKS noneksperimen, kalau ada kesulitan dengan telaten bu vita memberi pengarahan dan bimbingan kepada siswa yang merasa kesulitan. Bu vita juga menilai kerjasama antar anggota kelompok dalam diskusi untuk penilaian masing-masing dari siswa. Penilaiaan yang dilakukan oleh bu vita bukan hanya penilaian kelompok tapi juga penilaian dari masing-masing siswa, hal ini untuk mengetahui seberapa besar siswa mampu bekerja sama dengan kelompok dan keaktifan siswa dalam kelompok diskusi.

Setelah waktu mengerjakan LKS noneksperimen telah selesai bu vita mempersilahkan setiap kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompok masing-masing dengan diwakili oleh satu siswa untuk setiap kelompok. Waktu yang digunakan untuk mempresentasikan hanya dua puluh menit, jadi setiap kelompok hanya di beri waktu tiga menit untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompok di depan teman-temannya. Siswa pun berlomba-lomba untuk yang pertama mempresentasikan hasil diskusi kelompok mereka, dan yang pertama dapat menyelesaikan dengan waktu tercepat mendapat giliran yang pertama, suasana kelas menjadi aktif dan siswa juga berani memberi tanggapan ataupun sanggahan buat kelompok yang sedang tampil didepan. Setelah semua kelompok mempresentasikan hasil diskusinya, kini giliran bu vita memberi penilaian untuk masing masing kelompok. Kelompok yang yang paling baik menjadi kelompok super, kelompok hebat untuk yang kedua dan untuk yang ketiga kelompok baik. Kini saatnya memberi hadiah pada kelompok super berupa bolpoint dan memberikan tanggapan untuk masing-masing kelompok.

Sepuluh menit bu vita memberi kesimpulan dan penguatan materi yang telah di diskusi hari ini. Setelah memberi kasimpulan bu vita juga mengadakan kuis agar siswa lebih paham dengan materi hari ini. Kuisnya hanya terdiri dari dua soal saja, agar anak tidak merasa terbebani. Untuk kuis waktunya hanya limat menit saja dan harus dikumpul tepat waktu. Sebelum mengakhiri jam pelajaran bu vita berpesan kepada seluruh siswa agar LKS noneksperimen yang hari ini di diskusikan bersama untuk di tempel pada buku catatan masing-masing dan minggu depan akan ibu vita periksa buku catatan masing-masing siswa.