SIKAP DALAM MENGHADAPI MASALAH

Oleh: Hendro Sucipto

Ada lima karakter yaitu:

          Tipe Pemimpi.Orang bertipe pemimpi suka mengawang-awang.Ia senang mencetuskan ide dan gagasan baru, namum jarang mengambil tindakan untuk mewujudkannya. Ia tidak pernah berusaha mencari tahu bagaimana mengubah gagasan brilian menjadi tindakan nyata. Tentu saja, ia tidak pernah berusaha menyelesaikan masalahnya. Ia puas dengan hanya sekedar memikirkan mimpi-mimpi hebatnya. Tipe pemimpi berani punya mimpi-mimpi hebat, tetapi tidak pernah menjadikan mereka kenyataan.

          Tipe Cepat Bereaksi.Tipe ini bukanlah orang yang khawatir menghadapi masalah.Apabilaada suatu masalah, ia segera bertindak. Tentu saja, inisiatif dan kegigihan tipe ini merupakan hal positif. Namun, jika saja tipe ini tahu bagaimana berhenti sejenak, berpikir, dan melakukan sesuatu dengan tidak terburu-buru, ia pasti mampu menyelesaikan masalah dengan lebih efektif dan efisien. Iaberpendapat bahwa setiap masalah bisa diselesaikan dengan bekerja lebih keras (work hard), tanpa bekerja cerdas (work smart). Ia tidak tertarik untuk mencari tahu akar persoalan masalah. Ia tidak menyadari bahwa berhenti untuk berfikir dan menganalisis masalah adalah sama pentingnya mengambil tindakan.

          Tipe Pengeluh adalah tipe orang yang cepat menyerah setiap kali menghadapi masalah.Ia berkata “saya tidak mampu melakukannya”. Tidak jarang tipe orang ini sebenarnya memiliki gagasan hebat untuk menyelesaikan masalah, namun ia takut gagal. Tipe pengeluh sulit mengendalikan kehidupannya sendiri.Ia menyalahkan semua orang termasuk dirinya sendiri. Ia merasa tak seorangpun memahami kondisinya. Ia merasa tidak akan pernah bisa mengatasi masalahnya dan hanya mengeluh atas masalah yang sedang dihadapinya.

          Tipe Pengkritik. Tipe pengkritik berbeda dengan tipe pengeluh, ia lebih berani angkat bicara. Seakan-akan dilahirkan sebagai jawara pengkritik. Apapun rencana penyelesaian masalah yang dibuat, ia siap mengkritik, menunjukan kelemahan dan menjatuhkan orang lain. Ia selalu menyalahkan orang lain setiap kali ada sesuatu yang salah. Jika seseorang mencoba menyelesaikan masalah dan gagal, tipe ini akan sangat senang dan ia kan berkata “iya, kan, saya bilang juga apa, itu tidak akan berhasil. Ide bodoh”.

          Berlawanan dengan empat tipe sebelumnya, bagi seorang pemimpin dalam mengambil keputusan harus memiliki tipe sikap ini.Meraka adalah orang yang bersikap sebagai pemecah masalah dalam menghadapi permasalahan.

          Tipe Pemecah Masalah. Tipe ini berfikir dan melihat dunia dengan cara yang berbeda. Ketika sebagian besar orang melihat sesuatu masalah hanya sebagai masalah, mereka justru melihat peluang untuk menuju kesuksesan.Mereka berfokus pada tujuan dalam menyelesaikan tantangan dan masalah.Mereka mengatasi setiap persoalan dengan tenang. Mereka menganalisis situasi, mencari tahu akar penyebab masalah, berani mengambil keputusan, menyusun rencana yang baik, mengamankan setiap rencana, serta mampu mengeksekusi dan memantau kemajuan setiap rencana mereka dengan menyeimbangkan anatara proses berfikir rasional dan bertindak. Mereka dapat mengambil keputusan dengan baik.