Maka ketika Tal…

Maka ketika Talut membawa bala tentaranya, dia berkata: Allah akan menguji kami dengan sebuah sungai. Maka barangsiapa meminumnya, dia bukan pengikutku kecuali seciduk tangan.
Tetapi mereka meminumnya kecuali sebagian kecil dari bala tentaranya.

Deskripsi itu merupakan gambaran tentang kepemimpinan dan perubahan. Keteguhan hati dalam menjalani tujuan menjadi kunci sebuah keberhasilan. Ada kecenderungan bahwa manusia akan mengejar kesenangan dunia. Ketika menapaki perjuangan maka godaan kenikmatan akan menerpa para anggota suatu organisasi. Maka wajar ada ungkapan bahwa kekuasaan cenderung pada tindak korupsi. Hanya sebagian kecil saja orang yang tetap mampu untuk menjaga kekuatan jiwanya dalam menghadapi terpaan ini.

Fenomena ini menjadi penjelas bahwa tidaklah mudah untuk mengharapkan dalam sebuah organisasi agar semua orang sepenuhnya taat dan teguh pada janji organisasi. Karena itu tumpuan pengelolaan organisasi hanya dapat diberikan pada sebagian kecil orang yang memang teguh menjalani tujuan. 

Kemampuan menemukenali siapa mereka yang sedikit itu akan menjadikan kita mampu membawa oganisasi pada tujuan. Dan sebaik-baik tujuan adalah membawa organisasi sebagai sarana mensejahterakan umat, siapapun mereka.