RCEP Regional C…

RCEP Regional Comprehensive Economic Partnership: The purpose is to achieve a comprehensive and mutually beneficial economic partnership agreement. This agreement shall involve broader and deeper engagement with significant improvements over existing ASEAN FTAs/CEP with Dialogue Partners. This agreement will also provide a basis for addressing issues that may emerge in the future.

Pergeseran kekuatan ekonomi dunia terjadi. Regional Comprehensive Economic Partnership merupakan kesepakatan perdagangan bebas (Free Trade Agreement) antara negara-negara Asean dengan FTA Partner yaitu: China, Australia, India, Jepang, New Zealand, dan Korea. Penggabungan negara-negara ini akan membentuk 46% populasi dunia yang berarti pasar yang luas untuk berbagai produk; 24% GDP dari seluruh dunia yang berarti dengan pertumbuhan ekonomi positif akan berarti penguasaan kapital yang akan digunakan dalam menggerakkan negara dan pasar yang dimiliki; 40% pasar dunia berada di jangkauan mereka.

Hal yang perlu dicermati adalah negosiasi apa yang dilakukan diantara pada partner dalam RCEP ini. Bargaining position dalam berbagai bentuk kekuatan akan menentukan peran masing-masing. National interest akan berperan di sini. Komitmen membangun kekuatan internal (kemandirian) akan menentukan posisi masa depan. Peran aktif untuk kemakmuran dan kesejahteraan semua. Tidaklah mudah untuk mengubah perilaku konsumersime masyarakat saat gempuran ideologis semakin menguat dalam percaturan regional dan internasional. Tahun 2015 akhir segera tiba. Isu ini masih sepi di Indonesia.

Siapkan semangat……………