Indonesia on World Economy Barometer

China pada November 2013 lalu mengeluarkan China Reform Blueprint yang optimistik pada capaian masa depan. Meskin dari predikasi dari World Economy Barometer pada long term akan mengalami deviasi negatif baik untuk manufaktur maupun service. Sedangkan Indonesia diperkirakan pada long term akan mengalami deviasi positif. 

Dengan masuknya Indonesia dalam G20 maka ada harapan besar Indonesia dapat ikut berperan serta dalam perubahan dunia. G20 diartikan sebagai:

G20 members represent around 85 per cent of global gross domestic product, over 75 per cent of global trade, and two-thirds of the world’s population. The members of the G20 are: Argentina, Australia, Brazil, Canada, China, France, Germany, India, Indonesia, Italy, Japan, Republic of Korea, Mexico, Russia, Saudi Arabia, South Africa, Turkey, United Kingdom, United States, European Union.

Namun apakah memang demikian atau sesungguhnya hanya pengelompokkan siapa akan dipengaruhi siapa. Dengan Asean Community maupun RCEP maka ada negosiasi-negosiasi yang harus dilakukan untuk tetap menentukan arah kemajuan Indonesia. MP3EI yang ada perlu kembali dibuka untuk melihat fokus interaksi yang tidak mencederai harkat martabat bangsa. 

Hal ini penting, karena saat ini Indonesia dalam berbagai aspek dengan metodologi apapun menjadi negara yang tingkat pertumbuhannya baik dan menjanjikan. Kepentingan-kepentingan asing pada Indonesia akan masuk untuk turut serta dalam mempengaruhi kebijakan nasional.