Menengok hasil pesta demokrasi 5 tahun lalu

Pendidikan (http://www.oecd.org/pisa/keyfindings/pisa-2012-results.htm)

Pisa 2012 yang bertemakan ‘evaluating school system to improve education’ memberikan hasil bahwa Indonesia berada pada posisi ke-64 dari 65 negara yang berpartisipasi. Suatu posisi yang seharusnya menjadikan menangis para pendidik negeri ini. Ada suatu yang harus segera dirombak dalam system pendidikan Indonesia. Skor ini menunjukkan bahwa dalam bidang matematika, membaca, dan sains anak-anak Indonesia sangat mengkhawatirkan.

Sosial dan Politik (http://cpi.transparency.org/cpi2013)

Indonesia di dalam pengukuran indeks persepsi korupsi tahun 2012 berada pada posisi 114 dari 177 negara. Kasus-kasus korupsi yang terungkap sepanjang tahun 2011 sampai dengan 2014 dengan skala yang semakin membesar menunjukkan bagaimana korupsi telah menjadi berurat berakar pada birokrasi Indonesia di semua level. Yang tidak menutup kemungkinan perilaku korupsi ini juga merambah pada elite politik Indonesia. Apakah ini tidak menjadi keprihatinan bersama?

Ekonomi (http://www.weforum.org/issues/global-competitiveness)

Global Competitiveness Index yang dikeluarkan oleh World Economic Forum tahun 2013-2014 menempatkan Indonesia pada posisi 38 dari Negara-negara dunia dan merupakan peningkatan setelah selama 3 tahun mengalami penurunan. Pada peta Indonesia ditunjukkan dengan warna hijau muda (4 level diatas dari yang rendah, 3 level dibawah dari yang tertinggi). Sehingga dapat dikatakan pada posisi menengah. Dalam rilis dari kementerian keuangan, laju perumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 5.7% pada tahun 2014 menjadi indicator yang baik dalam bidang ekonomi. Pertumbuhan ini juga diindikasikan dengan peningkatan FDI pada tahun 2013 yang berkisar pada 18.4% peningkatannya. Dan hal ini juga tidak jauh dari hasil Indeks Kewirausahaan Dunia dimana Indonesia pada posisi 46 dari Negara dunia.

Keamanan (http://www.globalfirepower.com/countries-listing-asia-pacific.asp)

Di wilayah asia, indonesia menduduki posisi no 9 dan di dunia pada nomor 15 dari kekuatan persenjataannya dari data yang dirilis tahun 2014 ini. Dengan posisi ini indonesia menjadi negara yang patut dipertimbangkan dalam masalah kemanan di regional maupun nasional. Posisi indonesia yang berada di antara dua benua dan samudra akan menjadi suatu pertimbangan ketika berbicara dengan negara di wilayah utara dan selatan Indonesia. Keamanan wilayah akan menjadi penentu dalam menjaga kepentingan nasional. Dengan catatan jangan pernah diperjualbelikan kepentingan itu hanya untuk kepentingan sesaat dan kelompok

Lanjut………………