Usulan mekanisme pengelolaan layanan kuliah

      Setelah melalui pengkajian berbagai aspek, layanan perkuliahan akan dilayani oleh petugas layanan kampus dan petugas layanan Fakultas dengan tetap berbasis SIMERU untuk pengelolaan ruang. Ada beberapa aktivitas penting untuk tiap unit layanan yang perlu ditegaskan dan penting bagi perbaikan berkelanjutan dalam layanan kuliah sebagai berikut:

a.      Petugas layanan kampus mencakup: 1 staf BiFas (merangkap koordinator layanan kampus; harap Ka BiFas dapat menunjuk staf definitif untuk setiap kampus) dan 2 student employment yang bertugas melakukan pengendalian ruang dan fasilitas di dalamnya (membuka dan menutup ruang kuliah, memastikan fasilitas ruang dapat digunakan, mencatat dan melaporkan kerusakan fasilitas ke unit terkait.

b.      Petugas layanan kampus membuka ruang kuliah sebelum jam pertama perkuliahan berjalan dan mengunci ruang kuliah setelah perkuliahan terakhir berjalan, memastikan peralatan kuliah (mic, remote LCD, remote AC, LCD) dalam ruang kuliah dapat digunakan dengan baik; selain juga mengunjungi secara periodik ke beberapa ruang kuliah untuk membantu dosen agar dapat menjalankan tugasnya dengan baik. Apabila dalam pemantauan ternyata ruang tidak dipakai, maka petugas menutup ruang tersebut.

c.       Petugas layanan fakultas bertugas melayani penyerahan dan penerimaan absen dosen dan mahasiswa kepada dosen yang akan mengajar, mencatat kehadiran dosen dan mahasiswa dalam form yang dapat diunduh dari SIA.

d.      Pada awal-awal perkuliahan petugas fakultas melakukan pendampingan dosen agar tidak terjadi kesalahan ruang saat mengajar. Apabila ada dosen yang salah ruang, maka petugas layanan fakultas dimohon untuk mempersilahkan dosen ybs pindah ke ruang yang telah disediakan sesuai jadwal.

e.      Petugas layanan fakultas merekap kehadiran dosen dan diserahkan ke KaTU Fakultas masing-masing tiap akhir bulan untuk penentuan transprot mengajar. Rekap kehadiran mahasiswa diserahkan ke KaTU Fakultas masing-masing tiap tengah semester dan akhir semester untuk penentuan boleh tidaknya mahasiswa mengikuti ujian tengah semester ataupun ujian akhir semester. Kedua jenis data ini selanjutnya akan diolah oleh Fakultas untuk keperluan evaluasi pembelajaran fakultas, dan dalam EPSBED.

f.        Perubahan jadwal, permintaan penggunaan ruang pengganti dapat dilakukan dengan mengisi form permintaan/ perubahan oleh dosen ybs melalui petugas layanan fakultas untuk disampaikan kepada petugas layanan kampus. Penyampaian perubahan ruang kepada mahasiswa dilakukan oleh petugas layanan fakultas dengan ditempel di papan pengumuman fakultas.

g.      Dosen segera mengembalikan berkas perkuliahan (absen mahasiswa, absen dosen) setelah selesai kuliah agar dapat segera dicatat oleh petugas layanan fakultas.

h.      Untuk terjadinya interaksi akademis antar dosen, Fakultas melalui program studi menyelenggarakan forum-forum deseminasi hasil pelatihan, seminar, diskusi, evaluasi pembelajaran secara periodik dengan melibatkan semua dosen baik internal maupun eksternal.