100 Karya Inovasi Indonesia. SIapa ikut?

Jakarta, 30 Mei   2008

 

 

Nomor         :  032/D-PPIPT/V/2008

Lampiran     :  

Perihal         :  Penyusunan buku ”100 Inovasi Indonesia”

 

 

Kepada Yth.

Bapak/Ibu Inovator

di tempat

 

 

            Dalam rangka memperingati 100 tahun Kebangkitan Nasional, Kementerian Negara Riset dan Teknologi RI dan Business Innovation Center (BIC) akan menerbitkan buku ”100 Inovasi Indonesia”. Buku ini akan memuat 100 karya inovasi paling prospektif dari seluruh penjuru tanah air, dan akan diluncurkan bertepatan dengan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (HAKTEKNAS) ke 13, pada tanggal 8 Agustus 2008 mendatang.

Sehubungan dengan hal tersebut kami mengundang partisipasinya, agar dapat mengikutsertakan hasil-hasil inovasi terpilih; untuk dinominasikan sebagai bagian dari seratus karya inovasi dalam buku tersebut.

            Seluruh peserta dan karya inovasi yang diajukan dalam rangka buku ”100 Inovasi Indonesia” ini, sekaligus akan menjadi kontributor dalam penyusunan Database Inovasi Nasional.  Database Inovasi Nasional ini merupakan bagian penting dari ”bursa inovasi” antara dunia litbang nasional dan dunia industri, untuk menjalin sinergi ABG (Akademisi-Bisnis-Government)

Pendaftaran hasil-hasil inovasi dalam penyusunan buku ”100 Inovasi Indonesia” dapat dilakukan melalui situs web BIC di www.bic.web.id. Untuk informasi lebih terinci, silakan menghubungi sekretariat BIC di nomor (62-21) 2664-6882, melalui fax. (62-21) 2664-7409, atau e-mail info BIC: info@bic.web.id;  atau secara langsung menghubungi staff BIC:

·         Ayu      : HP: 0878 7711 7886, e-mail: ayu@bic.web.id

·         Dimas  : HP: 0812 1001 9956, e-mail: dimas@bic.web.id

Atas perhatian dan kerjasamanya,  kami mengucapkan terima kasih.

 

                

                 Deputi Bidang Pendayagunaan

                 dan Pemasyarakatan Iptek

 

                                                     

                                       .ttd.

 

 

                                           Dr. Idwan Suhadi

Tembusan :

  1. Deputi Menegristek Bidang Dinamika Masyarakat (Ketua Pelaksana HAKTEKNAS 2008)

 

Lampiran       :  Penjelasan tentang Pemilihan ”100 Inovasi Indonesia”

 

1. Pengertian Umum:

·         Inovasi: kegiatan penelitian, pengembangan, dan/atau perekayasaan yang bertujuan mengembangkan penerapan praktis nilai dan konteks ilmu pengetahuan yang baru, atau cara baru untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah ada ke dalam produk atau proses produksi. Khusus untuk program ini, kegiatan penelitian dan pengembangan pada tahapan riset dasar atau riset terapan yang belum melewati tahap prototype atau uji lapangan, tidak termasuk dalam kategori “inovasi”.

·         Inovasi Prospektif: karya inovasi dikategorikan prospektif, jika pada saat diajukan, keseluruhan proses inovasi belum selesai. Artinya potensi pendaya-gunaan secara ekonomis maupun komersial belum dilakukan, atau masih dilakukan secara terbatas; sehingga masih dapat ditawarkan sebagai peluang ekonomis/komersial kepada investor.

2. Nominasi dan Kriteria Penilaian:

Nominasi menjadi bagian dari seratus karya inovasi dalam buku ”100 Inovasi Indonesia” akan dilakukan oleh tim penilai yang khusus ditetapkan untuk keperluan ini. Tim penilai terdiri dari para wirausahawan dan praktisi bisnis profesional yang independen.  Keputusan tim penilai bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat. Penilaian dilakukan berdasarkan 7 kriteria nilai inovasi, yang dapat dilihat di situs web BIC dengan alamat: www.bic.web.id/100.

 

3. Kalender Kegiatan:

Peserta nominasi karya-karya inovasi terbaik untuk buku ”100 Inovasi Indonesia” perlu memperhatikan beberapa tengat waktu sebagai berikut:

·         Pengajuan proposal karya inovasi diterima sebelum tanggal :  16 Juni 2008

·         Pengajuan revisi proposal terakhir diterima sebelum tanggal :  23 Juni 2008

·         Pengumuman karya inovasi ”100 Inovasi Indonesia”                     :  18 Juli  2008       

 

4. Catatan Tentang: Paten / Hak Kekayaan Intelektual

Pemilik karya inovasi yang terpilih menjadi salah satu isi buku ”100 Inovasi Indonesia” perlu memperhatikan ketentuan dalam Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2001, tentang Paten, khususnya pada Pasal 3 dan Pasal 4. Informasi mengenai hal ini dapat dilihat pada saat mengisi form pengajuan karya inovasi, di situs web BIC dengan alamat: www.bic.web.id/100.